Mengenal sedikit tentang Campak dan Rubella

Apakah penyakit Campak dan Rubella itu?

Penyakit Campak ditularkan melalui batuk dan bersin, penyebab penyakit ini adalah virus. Gejala Campak dimulai dengan demam tinggi, lalu timbul bercak kemerahan pada kulit, disertai batuk pilek layaknya flu, pada kasus lain terjadi mata memerah.
Bila Campak terjadi bersamaan dengan menderita pnemonia, diare, dan meningitis, penyakit ini dapat lebih berbahaya dan menyebabkan kematian.


Penyakit Rubella adalah penyakit serupa campak, nama lainnya adalah Campak Jerman, karena pertama kali ditemukan di jerman, Rubella disebabkan oleh infeksi virus. Namun Virus Rubella lebih cepat mati disebabkan paparan ultraviolet, bahan kimia, bahan asam dan pemanasan. Berbeda dengan Campak ciri terifeksinya Rubella hanya menyebabkan demam ringan. Rubella pada wanita dewasa menyebabkan nyeri sendi, dan pada ibu hamil dengan umur kehamilan trimester pertama dapat berakhir dengan keguguran, atau cacat bawaan.

sumber: hallo sehat

Pada dasarnya tubuh yang sehat akan memproduksi imun yang baik sehingga mampu menepis serangan virus tersebut. hal yang menyebabkan berkurangnya imun adalah pola hidup tak sehat baik dari olah tubuh maupun pola makan yang tidak normal dan kebiasaan kurang bersih.

Di Indonesia jumlah suspek/terduga campak dilaporkan mencapai 11.000 kasus. 12-39% dianggap sudah positif Campak. sedangkan Rubella sekitar 16-43%. jumlah ini lebih rendah dari angka sebenarnya karena sumber data survei jauh dari mendekati jumlah penduduk sebenarnya, sehingga kisi prosentase tersebut dapat membantu secara kasar jumlah suspek Campak dan Rubella. Data Surveilance menginformasikan dalam lima tahun terakhir 70% kasus Rubella terjadi mulai pada anak umur kurang dari 15th.

Untuk menghindari penyakit ini secara preventif dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, menjaga asupan makanan halal thoyib dan menjaga lingkungan hidup sehat dan bersih.

Kantas suplemen makanan/ tonik yang dapat membantu proses keluarnya endoprin yang berguna untuk penyembuhan dari dalam, dan meningkatkan imunitas dan stamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *